--> Skip to main content

Cara memelihara burung perkutut yang baik dan benar.

Untuk memelihara burung perkutut tidaklah susah, karena bahkan bisa dinilai sangat gampang. Namun ada baiknya anda mengetahui hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memeliharanya agar burung kita tetap sehat dan rajin berkicau.

- Tempat yang bersih dan nyaman.
Hal ini tentu bisa kita samakan dengan kondisi diri kita sendiri yang lebih menyukai tempat yang bersih dan nyaman. Burungpun sama demikian, dia akan lebih nyaman jika kondisi kandangnya bersih dan tenang.
- Pakan harus selalu tersedit.
Untuk pakan perkutut hanyakan biji-bijian seperti jagung, beras merah atau jenis kacang-kacangan. Dan saya pikir ini adalah mudah, karena kita tidak harus bergeli-geli ria untuk memberikan ulat atau jangkrik kepada burung kita.
- Beri kencur agar plong.
Fungsi dari kencur ini adalah untuk membuat suara dari burung perkutut kita plong dan menghilangkan lendir yang ada di pita suaranya. Ada dua cara untuk memberikan pakan berupa kencur kepada perkutut kencur di parut dan di ambil sarinya, kemudian campurkan sedikit air untuk di minumkan atau cara yang kedua bisa kalian lakukan dengan cara melolohkan parudan kencur ke mulut perkutut.
- Mastering.
Sama seperti burung lainnya yang butuh mastering suaranya agar lebih kicau dan bagus. Kita bisa menggunakan MP3 atau dengan burung lain yang lebih baagus suaranya.
- Memandikan dan menjemurnya.

Cara memelihara burung perkutut yang baik dan benar.
Menjemur burung perkutut

Burung perkutut juga harus kita mandikan dan jemur agar membersihkannya dari kotoran dan mengurangi resiko terkena penyakit pada bulunya. Dan setelah memandikannya jangan lupa dijemur agar kuman tidak menempel, bahkan kotoran burungnya juga tidak menempel. Dan ini yang unik, biasanya akan di gantung tinggi-tinggi untuk menjemurnya. Waktu yang baik untuk menjemurnya adalah jam 8 hingga 10 pagi saja.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar