--> Skip to main content

8 Tips membeli burung murai yang bagus dan sehat agar tidak tertipu.

Selaku pecinta burung tentu hal jual beli adalah biasa. Dan untuk mendapatkan burung yang bagus tentu harus memperhatikan hal-hal berikut berdasarkan bentuk tubuh dari burung tersebut (kutipan dari kompasiana), Dan sebelum memebeli burung murai ada baiknya mengentahui juga bagaimana cara mengecek burung murai yang bagus dan sehat yakni :

Tips membeli burung murai batu yang bagus dan sehat
Tips membeli burung murai batu yang bagus dan sehat

- Mata,  Pilih murai batu Bakalan yang memiliki mata sehat, bulat besar dan melotot. dan hindari yang pada matanya terdapat tanda adanya katarak, yaitu adanya selaput berwarna putih pada bola mata.

- Kaki, Usahakan cari kaki murai batu yang berwarna hitam, karena burung yang memiliki warna hitam pada kakinya, diyakini punya mental berani. Tapi ingat, bukan berarti kaki berwarna lain tidak bagus.

- Ekor, Cari murai batu yang memiliki ekor rapat dan tidak terlalu tebal dan melengkung mulai pangkal, ekor seperti ini membuat murai batu memainkan ekornya pada saat ditrek, selain enak dipandang ekor yang ringan juga tidak mempercepat penurunan stamina burung pada saat lomba.

- Bulu Dada, pilih bulu dada murai batuyang cenderung lebih cerah (kekuningan) karena kebayakan murai batu memiliki bulu dada berwarna coklat. murai batu bakalan dengan warna bulu dada seperti ini, biasanya cepat berbunyi.

- Usia, pada saat mengukur usia murai batu buka mulutnya dan perhatikan rongga mulutnya. Jika masih berwarna putih atau sedikit cerah, maka murai tersebut masih muda, jika sudah berwarna hitam berarti murai batu tsb sudah tua dan semakin pekat warna hitamnya, walau ada juga para penghobi menilai usia murai batu dengan berdasarkan pengamatan pada kaki, hal lain yang perlu diperhatikan pada bagian bulu adalah murai batu bakalan muda memiliki bulu yang masih berbintik cokelat dibagian sayap sebelah luar maupun sayap sebelah dalam.

- Mental, pegang lah murai batu bakalan jika dia menjerit kencang dan berusaha mematuk-matuk jari tangan kita biasanya murai batu seperti ini memiliki mental berani.

- Bentuk paruh: Hindari memilih murai batu bakalan yang memiliki paruh bengkok, Sebaiknya pilih yang mimiliki paruh bagian bawah harus lurus, berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.

- Leher panjang padat berisi. hal ini menandakan murai batu memiliki kemampuan mengeluarkan power suara secara maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar