--> Skip to main content

Mengenal burung perkutut. Cara memelihara, membedakan jantan dan betina, pakan dan harga jual.

Burung perkutut adalah burung peliharaan yang unik menurut saya, karena kebanyakan yang memeliharanya menyukai menjemur burung dengan cara digantung tinggi-tinggi seperti bendera. Tapi mungkin itu salah satu ciri khas dari memelihara burung perkutut.

Nah, dalam artikel saya kali ini akan membahas mengenai :
- Mengenal burung perkutut.
- Cara memelihara burung perkutut.
- Pakan yang baik untuk burung perkutut.
- Cara membedakan antara burung perkutut jantan dan betina.
- Harga jual dari burung perkutut.


Mengenal burung perkutut. Cara memelihara, membedakan jantan dan betina, pakan dan harga jual.
Burung perkutut. burungnya.com

1. Mengenal burung perkutut. Burung para juragan saat santai.


Yups, seperti yang saya kasi subjudul diatas menuliskan bahwa burung ini adalah burung para juragan yang menikmati suara burungnya sambil ngopi, sarungan pagi-pagi hari. Dan itu adalah gambaran umumnya, walapun dalam kenyataanya berbeda. Bahkan di Film si Doel anak sekolahan yang memeliharanya justru nganggur dan setiap hari hanya menikmati burungnya.

Mengenal burung perkutut. Cara memelihara, membedakan jantan dan betina, pakan dan harga jual.
Burung perkutut yang digantung.om kicau

Perkutut jawa adalah spesies burung dalam suku Columbidae, dari genus Geopelia. Burung perkutut merupakan burung yang memakan biji-bijian yang memiliki ciri-ciri tubuh yang ramping dan kecil. Burung ini merupakan burung yang sering kita jumpai di wilayah Indonesia karena burung ini sebagian besar tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

2. Cara memelihara burung perkutut yang baik dan benar.


Untuk memelihara burung perkutut tidaklah susah, karena bahkan bisa dinilai sangat gampang. Namun ada baiknya anda mengetahui hal-hal yang harus kita perhatikan dalam memeliharanya agar burung kita tetap sehat dan rajin berkicau.
- Tempat yang bersih dan nyaman.
Hal ini tentu bisa kita samakan dengan kondisi diri kita sendiri yang lebih menyukai tempat yang bersih dan nyaman. Burungpun sama demikian, dia akan lebih nyaman jika kondisi kandangnya bersih dan tenang.
- Pakan harus selalu tersedia.
Untuk pakan perkutut hanyakan biji-bijian seperti jagung, beras merah atau jenis kacang-kacangan. Dan saya pikir ini adalah mudah, karena kita tidak harus bergeli-geli ria untuk memberikan ulat atau jangkrik kepada burung kita.
- Beri kencur agar plong.
Fungsi dari kencur ini adalah untuk membuat suara dari burung perkutut kita plong dan menghilangkan lendir yang ada di pita suaranya. Ada dua cara untuk memberikan pakan berupa kencur kepada perkutut kencur di parut dan di ambil sarinya, kemudian campurkan sedikit air untuk di minumkan atau cara yang kedua bisa kalian lakukan dengan cara melolohkan parudan kencur ke mulut perkutut.
- Mastering.
Sama seperti burung lainnya yang butuh mastering suaranya agar lebih kicau dan bagus. Kita bisa menggunakan MP3 atau dengan burung lain yang lebih baagus suaranya.
- Memandikan dan menjemurnya.
Burung perkutut juga harus kita mandikan dan jemur agar membersihkannya dari kotoran dan mengurangi resiko terkena penyakit pada bulunya. Dan setelah memandikannya jangan lupa dijemur agar kuman tidak menempel, bahkan kotoran burungnya juga tidak menempel. Dan ini yang unik, biasanya akan di gantung tinggi-tinggi untuk menjemurnya. Waktu yang baik untuk menjemurnya adalah jam 8 hingga 10 pagi saja.

3. Pakan yang baik untuk burung perkutut agar selalu sehat.


Seperti yang saya tuliskan diatas, burung perkutut ini pakannya sangat sederhana karena hanya biji-bijian atau kacang-kacangan. Selain simple, pakannya juga cukup awet. Yang pasti jangan sampai lupa adalah memberinya air minum, karena jika sampai lalai memberi minum ini maka kemungkinan LEWAT akan lebih besar.

Selain biji-bijian kadang perkutut juga butuh asupan protein dengan memberinya extrafoof. Pemberian exstrafood yang dimaksudkan ini merupakan pemberian yang berupa ulat hongkong, kroto, serangga, jangkrik dll. hal ini bertujuan agar memberikan suplement atau multivitamin pada burung perkutut.

Semua ini mengandung banyak protein hewani, dan juga agar burng perkutut tidak bosan pada makanan pokoknya. kita anjurkan makanan ini untuk eminggu sekali


4. Cara membedakan burung perkutut jantan dan betina.


Burung Perkutut jantan memiliki ciri yang berbeda dengan betinanya, dari segi fisik dan lainnya. Dan ini adalah hal yang penting harus kita ketahui agar tidak terkecoh saat akan membelinya.

Ciri Perkutut Jantan :
  •     Ukuran tubuh jantan lebih besar dibandingkan betina, ketika kamu membentangkan sayap dan mengukurnya.
  •     Postur tubuh jantan lebih terlihat tegap dan juga gagah.
  •     Burung Perkutut jantan lebih sering mengeluarkan suara dibandingkan betina.
  •     Tampang dan juga raut muka Perkutut jantan terlihat lebih garang.
  •     Bola mata pada Perkutut jantan terlihat lebih besar dan memiliki tatapan yang tajam.
  •     Pada burung Perkutut jantan belahan garis mata sejajar dengan mata.
  •     Bentuk kepala burung Perkutut jantan terlihat lebih pipih.
  •     Bulu disekitar kepala Perkutut jantan terlihat lebih cerah dan menutupi sebagian besar area kepalanya.

Ciri perkutut Betina :
  •     Ukuran tubuh betina lebih kecil dibandingkan jantan.
  •     Postur tubuh betina mtidak terlihat tegap.
  •     Burung Perkutut betina jarang mengeluarkan suara.
  •     Tampang dan raut muka betina terlihat lebih sayu.
  •     Bola mata betina lebih kecil dibandingkan Perkutut jantan.
  •     Belahan garis mata pada Perkutut betina terlihat tidak sejajar dengan mata.
  •     Bentuk kepala burung Perkutut betina terlihat lebih bulat.
  •     Bulu disekitar kepala terlihat kusam dan tidak menutupi sebagian besar kepalanya.

5. Harga jual burung perkutut.


Mengenal burung perkutut. Cara memelihara, membedakan jantan dan betina, pakan dan harga jual.
Burung perkutut lokal. hargaburung.id

Untuk harga jual perkutut ini bervariasi tergantung dari kualitas dan jenis burung perkututnya. Bahkan untuk lokasi juga menentukan harga jual dari burung ini.Jika Anda ingin membeli burung Perkutut memang sangat penting memperhatikan kondisi fisiknya. Pilih burung yang memiliki performa prima dan kondisi tubuh yang sehat. Selain itu, dengarkan dengan cermat suara kicau yang dihasilkan, hal ini khusus untuk burung yang telah dewasa dan pandai gacoran.

  • Harga burung Perkutut Putih pada umumnya berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 600.000
  • Harga burung Perkutut Bangkok cukup murah yaitu sekitar Rp 200.000 sampai Rp 350.000
  • Harga burung Perkutut Putih mata merah berada pada kisaran Rp 300.000 untuk yang masih anakan dan menyentuh lebih dari Rp 550.000 untuk yang sudah dewasa.
  • Harga burung Perkutut Jawa rata-rata adalah Rp 100.000 hingga Rp 300.000.
  • Harga burung Perkutut Hitam biasanya dipatok pada kisaran Rp 150.000 hingga Rp 250.000
  • Harga burung Perkutut lokal lebih rendah dari jenis impor. Sudah bisa dibeli mulai harga Rp 100.000-an.
Harga burung Perkutut termahal dipegang oleh jenis Perkutut Putih yang bisa mencapai lebih dari Rp 600.000 untuk satu ekornya

Terima kasih sudah membaca mengenai Mengenal burung perkutut. Cara memelihara, membedakan jantan dan betina, pakan dan harga jual. Jika dirasakan artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan share di media sosial anda agar teman-teman anda juga mengetahuinya dan artikel ini menjadi lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar