--> Skip to main content

Cara membedakan burung kepodang jantan dan betina.

Untuk kita yang akan memelihara burung Kepodang tentu harus juga mengetahui jenis kelamin dari burung yang kita pelihara, apakah jantan atau betina. Ini penting kita ketahui karena nanti menyangkut harga jual belinya si burung dan kualitas dari suara yang dihasilkanya.

Cara membedakan burung kepodang jantan dan betina.
Burung kepodang
Dibawah ini adalah hal-hal yang bisa kita gunakan untuk membedakan burung kepodang jantan dan betina. Diantaranya :

- Ukuran tubuh.
Secara ukuran tubuh, kepodang jantan lebih besar dibandingkan kepodang betina.
- Topeng di muka.
Garis hitan yang ada di daerah sekitar mata hingga tengkuk tampak berbeda antara kepodang jantan dan betina. Garis hitam dibagian terngkuk jantan lebih tipis serta lancip. Sedangkan yang betina luas dan melebar.
- Ukuran dan bentuk kepala.
Bentuk kepala jantan sedikit rata dan juga lebih besar dari betinanya yang kepalanya cenderung membulat.
- Ukuran dan warna paruh.
Paruh kepodang jantan lebih besar jika dibandingkan yang betinanya, warna merah mudanya pun juga lebih menyala.
- Warna ekor.
Ekor kepodang yang atas berwarna hitam, tapi di setiap sisinya punya warna kuning. Bulu ekor jantan juga punya warna kuning yang lebih meluas jika dibandingkan yang betina kepodang yang warna kuning pada bagian ekornya lebih sedikit.
- Sayap.
Di bagaian sayapnya, ada warna kuning yang yang tampak seperti goresan. Warna kuning di bagian sayap jantan lebih melebar serta terlihat renggang, kemudian untuk yang betinanya garis kuning itu sedikit serta terlihat menyempit.
-Suara.
Cara membedakan burung kepodang jantan dan betina jika dilihat dari suaranya maka suara burung jantan lebih lantang, bervariasi dan rajin. Kemudian suara burung betina cenderung monoton, pelan dan jarang berkicau.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial jika dirasakan bermanfaat untuk anda dan teman-teman anda.

Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar