--> Skip to main content

Ciri-ciri burung tledekan gunung dan cara membedakan jantan dan betina

Ciri-ciri burung tledekan gunung dan cara membedakan jantan dan betina
Ciri-ciri burung tledekan

Secara umum burung Tledekan gunung memiliki ciri-ciri antara lain adalah bulunya yang memiliki warna biru tua dibagian punggung, dan hitam pada bagian wajah dan sekitar mata berwarna hitam.

Memiliki panjang tubuh antara 8 sampai 10 cm. Pada bagian dahi dan alisnya terlihat pendek dengan warna biru muda, sedangkan pada bagian dada, tenggorokan dan sisi tubuhnya berwarna jingga dengan perut berwarna putih.

Baca juga Perbedaan Tledekan Jantan dan Betina.

Burung Tledekan gunung merupakan burung yang mudah dikenali jenis kelaminnya, karena terdapat perbedaan mencolok antara si jantan dan si betina.

Berikut adalah perbedaan ciri-ciri burung Tledekan jantan dan betina:


- Tledekan gunung jantan yang masih anakan memiliki warna bulu hitam kebiru-biruan pada bagian tepi sayap, tepi dan ujung ekornya. Sedangkian betina anakan, pada tepi sayap dan ujung ekornya berwarna coklat kusam.
- Saat masih anakan, burung jantan memiliki warna biru muda pada bagian tubuh atasnya dan berubah menjadi biru tua ketika dewasa. Sedangkan betina berwarna coklat kusam dari ujung kepala hingga ujung ekornya.

Tledekan burung pintar.


Burung Tledekan dikenal sebagai burung pintar dan bisa menirukan aneka macam suara burung lain. Selain itu juga karena mempunyai warna bulu yang bagus dan mencolok. Bahkan jika kita pelihara dari anakan akan bagus hasilnya, gacor dan memiliki suara yang lantang.

Burung Tledekan ini tinggal di hutan-hutan yang lebat dan tinggi bahkan di rumpun bambu. Untuk wilayah penyebaran burung ini juga bukan hanya ada di Indonesia karena di negara lain pun ditemukan burung Tledekan seperti di India, Thailand, Kamboja, Nepal, China dan juga Bhutan. Di Indonesia sendiri burung ini ditemukan banyak di daerah Kalimantan, Sumatera dan Jawa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar