--> Skip to main content

Cara membedakan burung Branjangan Jantan dan Betina yang benar

cara membedakan burung branjangan jawa yang jantan dan betina
burung branjangan jawa

Secara fisik burung branjangan betina dan jantan terlihat berbeda. Sama seperti burung-burung lainnya, secara fisik dan ukuran tubuhnya burung Branjangan  betina lebih besar dari burung jantan.

Mengetahui perbedaan antara burung Beranjagan Jantan dan betina tentu sangat kita ketahui, terutama ketika kita akan memelihara atau membudidayakannya agar berhasil. Jangan sampai burung yang akan kita budidaya ternyata jantan semua atau betina semua. Bahkan untuk jual beli pun harga jual betina dan jantan juga berbeda.

Di bawah ini adalah hal-hal yang membedakan burung jantan dan betina jika kita lihat dari bagian-bagian tubuhnya. Diantaranya :

  • Suara
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa burung Branjangan jantan memiliki suara yang gacor dan lantang dibandingkan si betina.

  • Anakan
Ketika burung Branjangan yang masih anakan akan terlihat jelas perbedaan jantan dan betina, yitu pada ukuran kepala jantan yang lebih besar dibandingkan si betina.

  • Ekor
Untuk bagian ekor, burung Branjangan jantan memiliki ekor yang mekar dn lebih sering membukannya dibandingkan sang betina.

  • Paruh
Perbedaan pertama adalah pada paruhnya, ciri-ciri burung Jantan adalah memiliki paruh yang berwarna lebih terang dibagian bawahnya. Sedangkan si betina paruhnya terlihat lebih gelap.

  • Warna Bulu
Warna burung Branjangan jantan juga terlihat lebih mengkilap, sedangkan betina memiliki warna bulu yang sedikit lebih kusam

  • Ukuran Jambul
Ukuran jambul pada burung Branjangan memang sulit dibedakan ketika usianya masih muda, namun ketika dewasa ukuran jambul si jantan lebih panjang dibandingkan betinanya.

  • Mata
Burung Branjangan jantan memiliki mata yang lebih tajam dan juga ditumbuhi bulu halus disekitar matanya, dan burung betina tidak memiliki mata yang tajam dan bulu disekitar matanya.

  • Bulu Dada
Bulu dada yang dimiliki burung Branjangan jantan lebih halus dan mengkilap dibandingkan betina.


Itulah hal-hal yang membedakan burung Branjangan Jantan dengan Branjangan Betina. Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosial anda agar teman-teman anda juga mengetahuinya.

Terima kasih.






Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar