--> Skip to main content

8 jenis makanan untuk burung Tledekan gunung selain kroto.

Makanan burung Tledekan selain kroto.
Makanan burung Tledekan selain kroto.


Secara alaminya burung Tledekan adalah pemakan serangga dan jenis ulat atau kroto. Namun untuk saat ini banyak juga Tledekan yang dirawat dari anakan dan hasilnya bisa makan selain kroto. Dibawah ini ada 8 jenis makanan untuk burung Tledekan yang bisa kita berikan, diantaranya :

1. Jangkrik
Jangkrik mengandung banyak protein serta cita rasa tinggi dan lezat untuk di makan tledekan. Makanan jenis ini memang biasanya disajikan sebagai makanan EF, namun dalam waktu-waktu tertentu, pakan jangkrik boleh di ubah menjadi pakan regular namun dengan takaran yang pas. Pemberian jangkrik yang terlalu tinggi bisa membuat tledekan menjadi over birahi dan tak baik untuk kesehatan burung. Untuk memaksimalkannya, padukan dengan voer.

2. Ulat Hongkong
Ulat hongkong yang baik untuk tledekan adalah berwarna sedikit kuning dan besar. Pemberian ulat hongkong biasanya sebanyak 5 ekor setiap pagi dan sore, sama dengan jangkrik. Untuk sebagai pengganti kroto, Anda boleh memberikannya sekitar 8 ekor setiap pagi dan sore namun dengan sedikit paduan dengan voer kasar.

3. Cacing TanahPemberian cacing tanah juga bisa diberikan sebagai pengganti kroto karena sama-sama mengandung banyak protein yang membantu dalam meningkatkan birahi tledekan. Dengan birahi yang lebih terkontrol, tentu saja akan menghasilkan tledekan dengan performa tinggi. Pemberian cacing tanah cukup sekitar 2 – 4 ekor setiap pagi dan sore sebagai pengganti kroto. Untuk memaksimalkan, berikan voer kasar atau halus terserah Anda.

4. Voer
Voer sama pentingnya dengan kroto dan biasanya menjadi perpaduan yang sangat baik. Pemberian voer yang dicampur kroto bisa dijadikan makanan pokok wajib diberikan pada pagi dan sore hari. Namun karenanya banyaknya merk voer yang beredar dan jenisnya juga banyak, Anda perlu sedikit lebih selektif dalam memilih mana yang terbaik untuk tledekan Anda.

Untuk jenisnya sendiri voer kasar boleh diberikan ketikan tledekan sudah dewasa. Sedangkan jika masih anakan atau piyikan, lebih baik diberikan voer lembut atau basah. Pemberian voer sebagai pengganti kroto juga harus dilebihkan sedikit dan dipadukan dengan makanan EF seperti jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah, dan lainnya. Gunanya untuk tetap menjaga takaran baik porsi dan kandungan yang dikandung agar tetap sama dengan setingan sebelumnya.

5. Ulat Jerman
Sama dengan tledekan, ulat jerman juga bisa menjadi makanan pengganti kroto yang baik karena mengandung banyak protein sama dengan kroto. Pemberiannya hampir sama dengan ulat hongkong. Untuk memaksimalkan pemberian nutrisi yang lebih sehat dan baik, berikan lah ulat jerman kering markel atau berlaku juga untuk ulat hongkong.

6. Ulat Bambu
Alternatif pengganti kroto pada bung tledekan yaitu dengan memberikan ulat bambu. Namun tidak seperti pemberian extra fooding lain seperti ulat hongkong, jangkrik atau kroto, ulat bambu justru tidak terlalu sering diberikan. Hal tersebut dikarenakan ada anggapan bahwa memberikan ulat bambu secara rutin pada burung akan membuat tledekan drop, cenderung loyo atau menjadi malas-malasan, sehingga pemberiannya pun kadang dibatasi hanya 1 – 2 kali selama seminggu.

7. Egg Food
Metode pemberian Egg Food sudah lama diterapkan dalam mengganti pakan kroto. Egg food sendiri terbuat dari telur. Bisa menggunakan telur ayam, telur puyih, dan telur bebek. Cita rasa yang diberikan dalam Egg Food ini tak jauh beda dengan kroto. Karena itulah, pakan Egg Food sangat ideal untuk diberikan kepada tledekan sebagai pengganti kroto.

Kandungan yang terkandung dalam pakan racikan ini adalah protein serta nutrisi-nutrisi lain yang biasanya dimiliki oleh kroto. Cara pemberiannya pun hampir sama dengan kroto. Boleh di taruh di capuk makanan atau dipadukan dengan makanan lain seperti voer, suplemen, dan lainnya. Egg Food sangat cocok untuk Anda yang tak mau repot-repot membeli kroto yang susah sekali di dapat.

Untuk pembuatannya sendiri tak terlalu susah. Bahan yang harus disiapkan adalah telur, dalam hal ini kita menggunakan telur ayam. Rebus telur ayam tersebut sampai matang, buang kulitnya, dan ambil bagian kuning telurnya saja. Letakkan pada wadah kemudian di kocok sampai benar-benar merata. Pemberiannya bisa lebih dari 1 telur sesuai kebutuhan tledekan.

Setelah itu, tambah 1 ½ (Satu setengah sendok) teh susu bubuk, kemudian aduk sampai merawata. Untuk Anda yang menggunakan telur puyuh, takaran yang baik untuk susu bubuknya adalah ½ (Setengah sendok) saja karena kandungan telur puyuh lebih kuat dari pada telur biasanya.

Kemudian campur 2 – 3 kapsul minyak ikan. Minyak ikan ini bisa Anda dapatkan dari apotik kemudian di aduk secara merata. Langsung saja berikan pada tledekan dan jika ada sisanya, taruh di dalam kulkas. Angin-anginkan makanan terlebih dahulu jika sudah dimasukkan dalam kulkas karena makanan dingin bisa merusak pencernaan tledekan.

8. Buah-Buahan
Meski pada umumnya buah-buahan hanya sebagai makanan tambahan pelengkap vitamin dan nutrisi lainnya, tapi ternyata bisa digunakan sebagai pengganti kroto. Namun dalam pemberiannya tetap saja takaran jangkrik, ulat hongkong, atau makanan EF berprotein tinggi lainnya harus memiliki takaran yang lebih banyak daripada pemberian buahan. Buah yang baik untuk tledekan adalah apel, papaya, dan lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar