--> Skip to main content

Manfaat dan akibat memelihara burung.

burung
Memelihara burung memang sekarang sedang menjadi tren. Entah untuk sekedar hobi ikut-ikutan atau memang hobi untuk memelihara. Untuk anda yang belum mempunyai burung peliharaan mungkin anda harus mengetahui apa manfaat yang akan kita terima jika kita memelihara burung.
Yuk kita cari tahu apa saja manfaat dari kita memelihara burung.

1. Menghilangkan stress.
Alasan nomor 1 ini mungkin sudah banyak orang tahu, dan memang itu yang menjadikan alasan dari pecinta burung ketika ditanya mengenai peliharaan atau hobinya. Dan memang terbukti, ketika kita sedang banyak pikiran akan sedikit terhibur dengan mendengar suara kicauan burung kita. Untuk itu carilah burung yang mempunyai kicauan yang merdu.

2. Membuat rumah lebih asri.
Dengan adanya kicauan burung, rumah kita terasa lebih natural. Terlebih ketika halaman atau dekorasi rumah kita dibuat memang dengan taman-taman dan adanya air terjun buatan tentu akan lebih membuat situasi rumah lebih alami. Dengan suara gemerincik air ditambah suara kicauan burung. Jadi mirip didesa.

3. Membuat lebih peka dan perhatian.
Kenapa saya membuat alasan ini? Perhatikan saja orang yang memelihara burung, setiap hari pasti diperhatikan minumnya, makannya, ulat, sayuran bahkan berbagai dooping agar kicauannya semakin bagus. Kandang juga dibelikan yang bagus-bagus.

4. Bisa untuk sarana silaturahmi.
Ini yang menjadi manfaat tak terasa. Kenapa? Karena dengan adanya burung kita bisa saling sapa dengan siapa saja yang mempunyai hobi memelihara burung, berbagi pengalaman, berbagi informasi. Bahkan ketika sedang lomba pun bisa menjadi ajang silaturami saling mengenal.

5. Bisa untuk bisnis.
Untuk alasan nomor 5 ini mungkin untuk yang sudah over hobi. Ketika burung sudah semakin banyak tetapi tempat sudah tidak memungkinkan, langkah selanjutnya adalah menjualnya. Terlebih lagi ketika hobi ini sudah bisa membuat ternak burung kesayangan sendiri, tentu bisa dijadikan sebagai lahan bisnis dari hobi.

Setelah kita mengetahui akan manfaat memelihara burung tentu kita harus juga mengetahui dampak atau akibat dari memelihara burung.
1. Kesehatan
Untuk dampak nomor 1 ini mungkin bisa berakibat ketika kita tidak rajin untuk memelihara dan merawat burung kita. Buang kotoran burung secara teratur, jangan biarkan menumpuk didalam kandangnya. Dan juga jangan menyimpan burung didalam rumah secara berlebihan, sampai penuh ruangan dengan burung. Bulu-bulu atau sisa kotoran dari burung bisa menjadi ladang kuman dan yang paling penting adalah udara dalam ruangan menjadi lebih padat.

2. Istri marah
Ini menjadi salah satu dampak ketika kita lebih mengutamakan hobi kita dan mengambil jatah uang dapur untuk terus membeli burung. Sudah bayak kejadian keluarga bertengkar karena suami terus-menerus bermain burung. Lupa keluarga.

Bagaimana dengan manfaat dan dampak memelihara burung yang barusan saya ulas? mudah-mudahan berguna untuk kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar